www.thehoopy.com

Daftar 5 Web Hosting Terbaik Indonesia 2017

pengalaman beli hosting di indonesia
ezyliana thehoopy.com
Ezyliana
Journalist at |

Writer. Baby developer. Contains multitudes. IG: @ezzychanz Helping professionals get off the hamster wheel. www.thehoopy.com

Hi Moms! Tahun 2017 akan segera berakhir, dan seperti biasanya ritual akhir tahun, selalu ada introspeksi dan review yang bisa kita lakukan. Kali ini review tentang daftar 5 web hosting terbaik Indonesia 2017.

daftar provider hosting terkenal

Kenapa review tentang web hosting? kenapa ga yang lain aja?

Memang sih web hosting ini identik dengan hal-hal berbau teknis yang sangat mungkin emak-emak ga mau nyentuh apalagi mau cari tahu. Tapi web hosting ini penting banget buat emak-emak yang punya waktu luang untuk nulis blog, seperti thehoopy.com ini. Kalo salah pilih hosting, alamat website ini bakal susah atau bahkan sama sekali ga bisa diakses, jadi sia-sia usaha ngetik panjang lebar di blog ini hehe.

Dalam review web hosting terbaik kali ini, saya tidak memposisikan sebagai ahli dalam masalah domain dan hosting ya Moms, tapi setidaknya saya punya pengalaman menggunakan domain dan hosting lebih dari 10 tahun, baik sebagai blogger maupun developer, so you should always take it with a grain of salt. As good as it is, there’s always human error.

Sejauh ini, setidaknya sudah ada 25 penyedia domain dan web hosting murah yang pernah dicoba, baik dalam maupun luar negeri yang saya gunakan entah untuk iseng(karena murah/promo) atau juga untuk blogging, jadi rasanya, pengalaman dengan jumlah 25 penyedia domain dan hosting itu sudah ‘cukup mewakili’ sekian ratus web hosting di luar sana.

Baca juga: 29 Rekomendasi Hosting Terbaik di Indonesia 2018

Ya sudah, daripada berlama-lama pembukaanya, langsung saja, ini 25 daftar web hosting murah yang pernah saya coba:

– qwords.com
– domainesia.com
– ardhosting.com
– pasarhosting.com
– dijaminmurah.com
– rumahweb.com
– niagahoster.com
– jagoanhosting.com
– axiadata.com
– beon.com
– namenoble.com
– godaddy.com
– arvixe.com
– inmotionhosting.com
– justhost.com
– remajahosting.com
– idwebhost
– idcloudhost
– dapurhosting
– antmediahost
– hostgator
– bluehost
– a2hosting
– duniahosting.com
– indoglobal.com

Terdengar familiar ga nama-namanya? harusnya sih iya, karena hampir semuanya adalah top of mind hosting provider, baik di Indonesia maupun blogger Indo yang hosting di luar negeri.

daftar web hosting terbaik indonesia 2017

Terus gimana milahnya dari 25 provider jadi cuma 5 provider yang layak dipertimbangkan? Faktor utamanya ada di penilaian proses aktifasi dan support, kenapa ini penting? karena pengalaman berbelanja itu penting, kalo dari awal dah ga terkesan bisa diandalkan, gimana nanti kalo ada masalah? emak-emak harus worry free khan? hehe

Faktor kedua adalah keandalan, istilah kerennya reliability, karena menurut saya, kecepatan bukan faktor penentu sebuah hosting kategori baik atau buruk, percuma skor kecepatan jauh diatas rata-rata kalau secara average hostingnya sering down, atau lambat diakses. Saya masih suka istilah bus di Jawa, biar ga terlalu cepat yang penting selamat, tapi jangan cari yang lambat juga sih.

Faktor ketiga adalah kecepatan, setelah mulai yakin dengan experience awal belanja hosting, lalu supportnya yang memang supportive, lalu ditunjang dengan keandalan yang baik jadi cukup make sense kalo penilaian selanjutnya adalah kecepatan. Semakin cepat load time websitenya semakin baik tentu saja, tapi sayangnya (atau ini sudah hukumnya), cepat dan handal berbanding lurus dengan harga.

Ya, faktor terakahir adalah harga, lho kok bukan yang pertama sih? buat saya, sekali lagi ini buat saya lho, harga itu sebaiknya ada di posisi terakhir karena tujuan dari mencari hosting adalah untuk menjadikan website saya bisa diakses dengan baik oleh orang lain, kapan saja dan dimana saja. Kalo harga di taruh di faktor pertama, tentu saja kehandalan, support, pengalaman berbelanja, apalagi kecepatan akan dikorbankan.

Ada harga ada rupa, orang bilang begitu.

Dari 25 provider diatas, dengan menggunakan acuan faktor utama, yaitu proses aktifasi dan support, pengalaman saya bilang hoster terkenal unggul disini, walaupun tidak selalu, sepertinya mereka paham bagaimana cara memperlakukan konsumen, dari sejak impresi awal berbelanja hingga supportnya.

pengalaman beli hosting di indonesia

Setelah di eliminasi menggunakan faktor utama

berikut hasil sisa kontestan provider hosting:

– inmotionhosting.com
– a2hosting.com
– bluehost.com
– indoglobal.com
– niagahoster.co.id
– rumahweb.com
– namenoble.com
– antmediahost.com
– arvixe.com
– idwebhost
– beon
– godaddy
– domainesia
– ardhosting.com
– jagoanhosting.com

Tersisa 15 hoster saja!

Yang tereliminasi adalah hoster dengan pengalaman berbelanja yang menurut saya kurang menyenangkan, entah itu menjawab live chatnya terlalu lama (menunggu hingga lebih dari 6 menit untuk dibalas), menjawab pertanyaan dengan asal (malas memberikan suggestion), tidak memberikan alternatif solusi atau setidaknya menanyakan kebutuhan dari calon pembeli dan berbelit dalam menjawab ticket support.

Boleh percaya atau tidak, tapi itulah yang saya alami sebagai emak-emak yang pengen punya blog.

Babak selanjutnya adalah penilaian dengan menggunakan faktor kedua, kehandalan.

Emak-emak seperti saya ngga mau repot mesti sering2 kontak CS atau support ticket, maunya tiap kali buka website ya ga ada masalah gitu, jarang downtime, kalopun downtime ya di infoin gitu. Terus gimana hasil seleksinya?

– a2hosting.com
– indoglobal.com
– rumahweb.com
– namenoble.com
– arvixe.com
– idwebhost
– beon
– godaddy
– domainesia
– ardhosting.com
– jagoanhosting.com

web hosting paling reliable di indonesia

Ga banyak sih yang berubah, hanya sedikit hoster yang dikeluarkan dari daftar, yang mungkin cukup mengejutkan adalah keluarnya beberapa hoster terkenal dari daftar kontestan, diantaranya niagahoster, inmotionhosting  ,bluehost , dan antmediahost.

Kenapa mereka dikeluarkan dari daftar? tentu saja karena seringnya server kelebihan beban, taunya dari mana? dari angka load di panel hosting, alert dari pingdom, dan hasil web speed test yang selalu berbeda jauh. Perlu dicatat, hosting yang dipesan berlokasi di luar indonesia (mostly in singapore), jadi, jika alert pingdom mengatakan situs tidak bisa diakses, itu berarti memang sedang ada gangguan dari sisi web hostingnya (network, systsem load, etc..) atau pingdom-nya error. Tapi saya lebih percaya yang pertama.

Hasil di tahap ini juga membuktikan Moms setidaknya bisa memilih apapun web hosting provider asal ‘cukup terkenal’ kalo ga mau repot-repot kayak saya hehe. Dan sebenarnya, penilaian web hosting terbaik bisa saja selesai sampai disini, karena poin penilaian yang paling penting sudah terlewati, jadi buat Moms yang mau cepat-cepat beli domain dan hosting bisa memilih diantara provider tersebut.

Buat yang masih penasaran, tahap selanjutnya adalah penilaian berbasis kecepatan.

Di tahap ini kecepatan secara average lebih bernilai, karena setidaknya itu yang menggambarkan performa sesungguhnya dari web hosting provider. Sayangnya, saya ga punya data yang bisa di share untuk mendukung penilaian di tahap ini, hanya hasil speed test ke situs provider hosting. Jadi hasil tahap ini lebih subjektif.

memilih web hosting terbaik dan tercepat

Cukup masukkan nama domain dari provider diatas ke halaman berikut dan bandingkan hasilnya:

https://tools.pingdom.com/

Ada juga link dari website speed test yang dilakukan oleh provider hostingnya sendiri, seperti yang dilakukan oleh namenoble.com di link ini, argumentasi mereka cukup masuk akal, tapi lebih baik dicoba sendiri.

Terus siapa aja yang lolos di seleksi tahap ini?

– a2hosting.com
– rumahweb.com
– namenoble.com
– ardhosting.com
– jagoanhosting.com

Tahap terakhir adalah soal harga.

hosting wordpress terbaik harga murah

Saya sengaja tidak mencantumkan pemenang di tahap akhir ini, biar Moms bisa ikut membandingkan antara harga dengan fitur yang ditawarkan. Oh iya, ngomongin soal fitur, seperti yang dilihat ditahap-tahap sebelumnya, banyak lho yang bilang fitur mereka unlimited, harga termurah tapi layanan mengecewakan, server tidak stabil dan lain-lain. Jadi Moms, cari tahu dulu kebutuhan sebenarnya seperti apa sehingga kita bisa lebih objektif dalam memilih web hosting terbaik, biar ga buang-buang duit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *