www.thehoopy.com

5 Tips Menghindari Ruam Popok Pada Kulit Bayi

ruam popok diaper rash
ezyliana thehoopy.com
Ezyliana
Journalist at |

Writer. Baby developer. Contains multitudes. IG: @ezzychanz Helping professionals get off the hamster wheel. www.thehoopy.com

Di bulan pertama kehidupannya, popok merupakan salah satu kebutuhan utama bayi. Ada begitu banyak pilihan jenis popok yang Moms bisa pilih di pasaran, mulai dari popok kain yang bisa dicuci dan dipakai kembali, popok sekali pakai (diapers), hingga cloth diapers (clodi). Walau begitu, penggunaan popok sering menimbulkan masalah pada ruam popok pada kulit bayi. Selain menyebabkan lecet dan kemerahan pada kulit bayi, ruam popok juga menimbulkan rasa gatal yang membuat bayi tak nyaman.

Lalu apa penyebabnya? Menurut Dr. Siti Aisah Boediarjo,Sp.KK, dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, ruam popok merupakan kelainan kulit berupa bercak kemerahan yang meradang. Kadang, ruam popok disertai pula dengan kulit yang bersisik, berbintil, melepuh dan lecet, yang menimbulkan rasa gatal dan perih pada bayi.

Ruam biasanya terjadi di area yang tertutup popok, seperti sekitar bokong, pangkal paha bagian dalam, dan sekitar kemaluan. Selain diakibatkan oleh pemakaian popok yang terlalu kencang, sisa-sisa urin dan kotoran bayi yang dibiarkan sehingga membuat kulit menjadi basah dan lembab, juga berpotensi membuat kulit gatal sehingga akhirnya menjadi ruam.

Lalu apa yang harus dilakukan? Tak perlu khawatir, karena ruam popok umumnya bisa diatasi sendiri di rumah tanpa harus ke dokter. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Bila Moms memilih popok kain, pilih yang terbuat dari bahan katun yang lembut dan memiliki sirkulasi udara yang lancar. Sedangkan untuk popok sekali pakai (diapers), pilih yang terbuat dari bahan lembut dan memiliki daya serap tinggi.
  2. Sebelum memakaikan popok, oleskan salep yang sifatnya menahan air pada area bokong dan paha bagian dalam bayi. Salep ini biasanya mengandung zinc yang dapat membantu meminimalkan iritasi pada kulit bayi.
  3. Sering-seringlah memeriksa popok bayi. Segera ganti popok begitu terlihat basah, jangan pernah menunggu hingga diapers penuh.
  4. Jika bayi terlanjur mengalami ruam popok, lepaskan popok selama 10 – 15 menit per hari agar kulit bisa bernapas. Setelah itu, ketika akan memakaikannya popok, pastikan kulit bayi dalam keadaan benar-benar bersih dan kering.
  5. Bila tidak kunjung membaik, konsultasikan dengan dokter agar bisa dicari penyebabnya untuk ditangani lebih lanjut.

Nah, itulah 5 langkah mudah untuk mengatasi ruam popok pada bayi anda yang dapat dilakukan di rumah.

Selamat mencoba Moms!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *