Bermain kotor kotoran Itu Baik Untuk Anak

Yuk dibaca: cuma 2 menit kok

“Nak, jangan main kotor-kotoran, ya, nanti sakit.”

Mungkin ini pesan Moms saat melihat anak bermain dengan teman-temannya. Kadang kesal juga melihat anak terlihat kotor dengan baju yang dekil karena bermain. Tapi ternyata bermain kotor-kotoran itu tidak selamanya buruk, lho Moms!

Paparan berbagai jenis mikroba dari tanah dapat membantu anak menjadi lebih kuat dan tahan penyakit. Sebaliknya, higienitas yang berlebihan justru akan menurunkan daya tahan tubuhnya, karena ia tak terpapar oleh beragam jenis bakteri.

Bermain lumpur atau tanah di luar ruangan juga akan membantu meningkatkan fungsi kognitif. Si kecil akan merasakan berbagai stimulasi yang berbeda, seperti rumput basah, embusan angin, batu kerikil yang kasar, hingga lumpur yang kotor.

Dikutip dari Thealternativedaily.com, bermain kotor kotoran bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun anak. Asalkan mainannya tidak dimasukkan ke dalam mulut.

Ahli mikrobiologi dan imunologi Mary Ruebush menjelaskan bahwa saat anak bermain kotor, itu adalah salah satu cara atau latihan untuk melatih respons sistem imun anak.

“Bermain kotor kotoran mengajarkan anak untuk meningkatkan sistem kekebalan dan proteksi terhadap tubuh,” jelas Mary.

 

Apa saja manfaat yang bisa didapat jika anak bermain kotor?

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

bermain kotor Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh thehoopy.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, saat bersentuhan dengan kotoran, sistem imun anak akan merespons dengan membentuk antibodi. Antibodi ini bisa menjaga sistem kekebalan tubuh anak ketika satu saat ia terpapar bakteri atau virus lagi.

 

2. Mencegah Virus

Mencegah Virus difteri thehoopy.com

Bermain kotor kotoran mencegah anak bersentuhan dengan parasit, virus, dan bakteri yang akan meningkatkan risiko ia mengalami alergi, seperti asma.

 

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kurangi Risiko Penyakit Jantung thehoopy.com

Bersentuhan dengan kuman di awal kehidupan anak, termasuk kotoran hewan, mengurangi risiko gangguan jantung di usia dewasa.

 

4. Menyembuhkan Luka

tips Menyembuhkan Luka thehoopy.com

Kotoran di kulit ternyata mengandung bakteri yang bisa membantu menyembuhkan luka iris dan tumit pecah-pecah.

 

5. Membuat Anak Lebih Santai

orami diskon perlengkapan bayi dan balita

Bermain kotor kotoran akan mengeluarkan serotonin di dalam otak yang akan menimbulkan perasaan rileks, meningkatkan mood, dan mengurangi kecemasan.

So, jangan lagi berasumsi bermain kotor-kotoran itu selalu buruk untuk kesehatan anak ya Moms! Walau begitu, kita tetap harus memerhatikan cara bermain anak. Jangan sampai pasir atau tanah ia masukkan ke dalam mulut, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *