www.thehoopy.com

Pilih Bubur atau Tim untuk MPASI Si Kecil?

food for your baby
ezyliana thehoopy.com
Ezyliana
Journalist at |

Writer. Baby developer. Contains multitudes. IG: @ezzychanz Helping professionals get off the hamster wheel. www.thehoopy.com

Sekitar 8 tahun lalu, sewaktu kantor masih di sekitaran Nusaloka BSD City, teman saya yang saat itu aktif kerja kantoran, punya anak usia sekitar 4 tahun, masih makan bubur saring. Pernah suatu ketika disekolahnya merayakan ulang tahun temannya, sedikit saja mencoba makan makanan yang lebih padat seperti kue ulangtahun, gadis kecil itu akan tersedak.

Tinggal di negeri seperti Indonesia yang masih diwarnai dengan banyak mitos atau katanya – katanya, kita sebagai ibu memang harus banyak-banyak membaca dan berkonsultasi dengan tenaga medis, termasuk soal MPASI. Beberapa bulan lalu mungkin pernah dengar cerita bayi yang meninggal karena diberi makanan pisang.

Umumnya, bayi usia 6 bulan memang sudah bisa mulai diperkenalkan dengan makanan padat atau MPASI. Memang tak semua bayi sama. American Academy of Pediatrics merekomendasikan ibu untuk menyusui bayi dengan ASI hingga 6 bulan. Namun yang pasti sampai usia 6 bulan itu tiba, segala kebutuhan nutrisi bayi bisa dicukupi dengan ASI atau Susu Formula (bila ibu tidak bisa memberikan ASI).

Logikanya sederhana saja, sebelum 6 bulan sistem pencernaan bayi belum siap untuk mencerna makanan padat.

 

 

Bubur atau Tim untuk MPASI Si Kecil

 

Sudah Siap Atau Belum?

Lalu, bagaimana kita bisa tahu apakah bayi sudah siap diperkenalkan pada makanan padat atau MPASI? Sebenarnya bayi memberikan tanda yang jelas kapan dia bernita mencoba makanan baru lho.

Silahkan cermati tanda-tanda di bawah ini:

  • Kepalanya sudah tegak. Bayi yang mampu menegakkan kepala dengan stabil, berarti ia sudah siap berkenalan dengan makanan padat.
  • Tidak suka melepeh makanan. Bayi yang sudah siap makan makanan padat sudah mampu ‘menyimpan’ makanan di dalam mulut dan tak akan ‘bermain-main’ dengan lidahnya untuk mendorong makanan ke luar.
  • Bisa duduk dengan baik dengan dibantu. Walaupun belum bisa duduk di highchair, bayi harus sudah mampu duduk tegak agar bisa menelan dengan baik.
  • Perhatikan apakah bayi sudah mampu menggerakan makanan ke belakang mulut dan menelannya. Saat sudah semakin pintar, Anda akan melihat makanan yang keluar dari mulut akan semakin sedikit.
  • Terlihat sering lapar, juga bisa menjadi penanda ia siap makan makanan padat, walaupun telah disusui 8-10 kali sehari.
  • Bayi mulai menunjukkan perhatian terhadap makanan yang Anda atau orang lain makan.

 

Jadi Moms, silakan perhatikan tanda-tanda tersebut pada bayinya ya, dan sekali lagi, ASI adalah makanan bayi terbaik minimal untuk 6 bulan pertama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *