www.thehoopy.com

6 Tips Menjadi Orangtua yang Efektif

6 tips efektif dalam mendidik anak
dr. Isna Hulliyyah thehoopy.com
dr. Isna Hulliyah
Resident Doctor at Puskesmas Panongan Kabupaten Tangerang and Part-Time Content Editor at

Tidak ada satu cara baku untuk mendidik anak, tapi ada beberapa kebiasaan mendidik yang bagus dari para orangtua yang sukses mendidik anaknya, salah satunya adalah dengan menerapkan 6 Tips menjadi orangtua yang efektif seperti dibawah ini:

1. Berbicara dengan Anak Anda

Tahukah Moms bahwa 88% hingga 98% perbendaharaan kata anak usia 3 tahun didapat dari orangtua mereka? Itu artinya semakin sering Moms berbicara dengan mereka, semakin banyak pula kosakata yang ada dalam perbendaharannya.

Selain itu, lamanya percakapan dengan anak secara rata-rata juga berbanding lurus dengan meningkatnya skor IQ.

2. Membacakan buku untuk Anak Anda

Penelitian menunjukkan bahwa anak dengan orangtua yang membiasakan membacakan buku setidaknya 20 menit setiap harinya menjadikan anak tersebut lebih sukses secara akademik daripada anak yang dibacakan buku kurang dari 20 menit seharinya.

3. Biarkan Anak Anda Bermain

6 kebiasaan orangtua yang efektif dalam mendidik anak

Bermain bagi anak ternyata mampu meningkatkan kemampuan ‘executive function’ yang berfungsi dalam meningkatkan kerja memori, reasoning, task flexibility, problem solving dan kemampuan dalam mengendalikan diri.

4. Batasi Waktu Menonton TV

Menonton TV ternyata memiliki dampak negatif bagi anak usia 5 tahun kebawah. 1 jam menonton tv setiap harinya meningkatkan kemungkinan gangguan konsentrasi saat belajar. Dan banyak ahli menyarankan, anak dibawah 2 tahun untuk tidak menonton TV sama sekali.

Selain itu para ahli juga menyatakan bahwa menonton TV bagi anak usia dibawah 2 tahun akan meningkatkan kerja otak bagian visual secara berlebihan, dan ini berpotensi besar menghancurkan bagian otak yang merespon dalam kreativitas.

5. Sering-seringlah Memberi Semangat

Coba Moms perhatikan tingkah anak pra-tk ketika diminta menggambar di depan teman-temannya, hampir semua mengacungkan tangan sebagai tanda sangat antusias, dan keberanian ini semakin menurun seiring dengan tingakt umur mereka, salah satu penyebabnya adalah karena kurangnya semangat dan juga kreatifitas.

berikang semangat kepada anak

Dengan seringnya kita memberi semangat kepada anak, cepat atau lambat keberanian merekapun muncul, diikuti dengan naiknya percaya diri untuk berbuat sesuatu, yang pada akhirnya menumbuhkan kreatifitas.

6. Seringlah bercengkrama dengan Anak

Tidak hanya mengobrol, tapi juga pelukan hangat, bernyanyi besama, bermain bersama, tertawa bersama adalah kenangan indah bagi anak, dan kebahagiaan mereka menjadi pondasi penting dalam kesehatan mental dan fisik serta tumbuh kembang otaknya.

Semoga berkenan.

Sumber:
http://centerforeducation.rice.edu/slc/LS/30MillionWordGap.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *