www.thehoopy.com

Tips Belanja Perlengkapan Bayi

Tips Belanja Perlengkapan Bayi
ezyliana thehoopy.com
Ezyliana
Journalist at |

Writer. Baby developer. Contains multitudes. IG: @ezzychanz Helping professionals get off the hamster wheel. www.thehoopy.com

Tips belanja perlengkapan bayi. Buat Moms yang sebentar lagi akan melakukan persalinan, mungkin sudah ada yang bersiap membeli perlengkapan bayi. Seringkali karena terlalu semangat Moms jadi lupa bahwa ada sejumlah perlengkapan bayi baru lahir yang sering dibeli tapi kenyataannya jarang banget dipakai.

Nah, daripada kita buang-buang uang untuk membeli sesuatu yang kita ngga bakal pake (meski nanti bisa dijual lagi) lebih baik kita tulis aja kira-kira barang apa yang kita ga perlu beli.

Berikut ini adalah beberapa perlengkapan bayi yang sering banget dibeli bahkan dengan jumlah yang banyak, tapi, sebenarnya perlengkapan itu sangat jarang dipake. Jadi, kalopun memaksa perlu belu, jangan beli banyak-banyak ya, Moms.

Daftar perlengkapan bayi yang sebaiknya tidak perlu dibeli:

1. Gurita bayi

Jaman dulu, orang tua suka makein gurita ke bayi baru lahir dengan alasan supaya ga kedinginan. Ternyata, berdasarkan beberapa penelitian, penggunaan gurita ga disarankan lho Moms. Itu dikarenakan, penggunaan gurita yang dibebat atau dililit bisa membahayakan bayi, bikin jadi susah gerak dan mengganggu perkembangan tubuhnya.

2. Bedong

Ini juga sama sih, jaman dulu bedong dipake untuk membebat kaki bayi biar lurus. Padahal, kaki bayi baru lahir memang belum bisa lurus dan itu wajar. Bedong mungkin dipake untuk membalut tubuh bayi, biar ga kedinginan atau whatever reasons, tapi, sekali lagi hindari memakaikan bedong terlalu ketat karena bisa membuat bayi sulit bergerak bahkan dapat menghambat tumbuh kembangnya.

Selain itu, bedong biasanya cuma dipake sebentar aja.

3. Sarung tangan

Ini juga sama sih, cuma tempatnya di pergelangan tangan. Bayi baru biasanya dipasangin sarung tangan sepanjang hari biar ga kedinginan dan menghindari terluka karena kukunya panjang. Padahal, kalo sarung tangan digunakan secara berlebihan dapat mengganggu sensitivitas sensorik bayi. Jadi, gunakan sewajarnya aja ya Moms dan tak perlu terlalu banyak membeli sarung tangan.

4. Kaos Kaki 

Sama kayak sarung tangan tadi, kaos kaki juga ga perlu dipakai sepanjang hari karena bisa menghambat sensorik bayi. Justru tanpa kaos kaki akan leluasa bergerak dan daya sensorik bayi bisa optimal. Gunakan sesekali aja ketika cuaca dingin atau pas mau tidur.

5. Sepatu

Perlengkapan bayi ini juga aneh sih kalo dibeli pas mau melahirkan, mungkin biar bayinya kelihatan imut aja dipakein sepatu, tapi kalo dipikir, bayi baru lahir belum bisa berjalan, jadi ga perlu dibeliin sepatu. Yang perlu adalah kaus kaki dan pakainya pun ga sepanjang hari.

6. Mantel mandi bayi

Handuk bayi diperlukan untuk mengeringkan tubuh si anak setelah mandi. Kalo mantel mandi bayi? sepertinya hanya buang uang saja kalo dibeli dan tidak penting.

7. Bantal dan guling

Sebaiknya tidak perlu bantal dan guling untuk bayi apalagi kalo beli bantal bayi lebih dari 1, karena bisa meningkatkan risiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) atau kematian mendadak pada bayi, entah karena hidungnya tertutup bantal atau debu. Jika Moms takut si dedek bayi kejedot tembok atau dinding box bayi, lebih baik belikan pembungkus box bayi yang lembut, bukan dengan menambah bantal jika memungkinkan.

8. Tempat buang popok

Popok sekali pakai memang harus segera dibuang setelah dipakai, dan itu tidak berarti harus punya tempat khusus buat ngebuang sampah popok, cukup gulung popok dan taruh di kantong kresek bekas atau bungkus dengan koran bekas dan buang ke tempat sampah.

9. Alat pembuat makanan (baby food processor)

Bikin makanan bayi ga perlu ribet Moms, ga perlu food processor khusus bayi, pake aja blender yang biasa dipake, Moms bisa membuat atau mengolah makanan untuk si dedek bayi. Kecuali Moms memang ga punya blender dan berencana ga mau pake blender kedepannya, ya silakan saja beli food processor.

10. Kursi makan bayi

Perlengkapan bayi seperti kursi makan bayi termasuk barang yang personally saya ga recommend untuk dibeli. Bayi sebenarnya bisa makan di kursi mana saja, ga mesti baby chair, karena syarat bayi bisa makan adalah otot leher dan kepala sudah kuat, dan itu ga ada hubungannya dengan kursi, lagipula beli baby chair saat akan melahirkan adalah pemborosan, karena si baby baru bisa makan setidaknya 6 bulan setelah Moms melahirkan.

11. Tempat ganti popok

Beli tempat ganti popok juga overrated, mengganti popok bayi ga harus di tempat khusus. Moms bisa melakukannya di tempat tidur dengan diberi alas terlebih dulu. Jadi, beli alas yang bagus itu lebih penting daripada beli tempat ganti popok.

12. Boks bayi

Ini juga sama, boks bayi itu makan tempat, sekalipun bisa dilipat. Model boks bayi juga lucu-lucu dan menarik. Tapi, perlu Moms ingat, perkembangan bayi sangat pesat, ga sampe 8 bulan, boks bayi ini bakal ditinggalkan. Selain itu, kalo Moms menyusui dengan ASI akan lebih praktis bila bayi co-sleeping dengan ibunya. Jika tetap keukeuh perlu Boks Bayi, sebisa mungkin sewa saja.

13. Kursi goyang bayi

Semua hal yang lucu untuk dipakai bayi baru lahir pasti pengen beli, termasuk baby bouncer. Perlengkapan ini biasanya digunakan bila bayi sudah mulai bisa duduk. Yang perlu diingat, ga semua bayi suka dan mau duduk diayun-ayun dengan bouncer.

14. Bottle warmer (penghangat botol susu)

Bottle warmer memang praktis, tapi ada alternatif lain yang lebih murah daripada membeli Bottle warmer, gunakan air panas. Cukup celupkan atau rendam botol dalam gelas berisi air hangat/panas. Waktu yang dibutuhkan pun cukup singkat. Air panasnya bisa dibuat sekali dan disimpan di termos, bisa tahan 12 jam.

15. Steamed blender atau slow cooker

Alat ini baru kepake saat usia bayi 6 bulan, saat dimana dia mulai belajar mengonsumsi Makanan Pendamping ASI (MPASI). Sebenarnya, Moms bisa memanfaatkan perlengkapan dapur yang ada dan punya fungsi yang sama.

16. Baby walker

Kalo dipikir-pikir, alasan utama beli baby walker adalah biar orang tuanya ga sakit punggung ngajarin dan nemenin si anak belajar jalan, dan biar gampang kalo mau foto-foto sama bayi yang lagi belajar jalan. Penggunaannya tetap harus dalam pengawasan karena tak sedikit kisah kecelakaan karena penggunaan baby walker.  Penelitian terbaru juga ga lagi merekomendasikan alat ini. Sebaiknya anak belajar berjalan secara natural dengan ditopang tangan Moms.

17. Deterjen khusus

Moms ga perlu sampai beli sabun cuci atau deterjen khusus pakaian bayi. Kecuali jika memang kulit bayi super sensitif. Pake aja pelembut pakaian agar terasa nyaman bagi bayi.

18. Bedak bayi

Sebenarnya sudah banyak dokter yang ga merekomendasikan penggunaan bedak bayi karena bila terhirup bisa membahayakan paru-paru. Gunakan lotion bila perlu.

19. Sterilizer atau pembersih botol

Moms suka dengan yang praktis itu wajar, termasuk dengan sterilizer ini, praktis memang. Tapi secara kebersihaan tidak ada perbedaan antara alat pembersih botol ini dengan hanya dicuci dengan air panas dan sabun. Moms bisa beli sterilizer jika memang ada dana lebih.

20. Stroller

Kereta dorong jaman sekarang memang bagus-bagus modelnya, ga jarang juga dipake buat foto-foto orang tua bersama anak dan taruh di Instagram biar ke-kinian. Tapi Moms ga perlu sampe harus beli stroller apalagi yang mahal kalo cuma buat momong anak dan biar mobile kalo lagi pergi keluar, cukup sewa stroller aja. Tinggal cek modelnya di penyedia jasa sewa stroller, minta mereka bersihkan strollernya dengan pembersih antiseptik, dan Moms bisa langsung pakai tanpa beli mahal.

Daripada ngeluarin banyak uang untuk membeli perlengkapan yang mahal dan jarang digunakan, lebih baik membeli perlengkapan yang memang sangat dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *