www.thehoopy.com

Tahap Perkembangan Janin Tiap Minggu

Tahap Perkembangan Janin Tiap Minggu
dr. Isna Hulliyyah thehoopy.com
dr. Isna Hulliyah
Resident Doctor at Puskesmas Panongan Kabupaten Tangerang and Part-Time Content Editor at

Kehamilan adalah momen indah dan menakjubkan yang dialami setiap wanita. Moms bisa merasakan kehadiran calon bayi selama 9 bulan dalam kandungan dan Tahap Perkembangan Janin Tiap Minggu nya.

Perubahan yang cepat tidak hanya terjadi pada tubuh ibu secara keseluruhan, tapi juga janin dan rahim. Kira-kira seperti apa proses perkembangan janin yang sehat sehingga dinyatakan dokter siap lahir dan perubahan apa saja yang Mama alami hingga waktu persalinan tiba?

 

Artikel Tahap Perkembangan Janin di Minggu Pertama ini akan membantu menjelaskan sedikit lebih detail.

 

PERKEMBANGAN JANIN

Pada minggu pertama ini belum ada janin yang terbentuk dalam kandungan, hal ini dikarenakan sulit untuk mengetahui secara pasti kapan pembuahan terjadi, dokter lain mungkin akan menghitung due-date dari hari pertama periode menstruasi terakhir.

Terdengar aneh memang, tapi untuk kepentingan penghitungan due-date, Moms dinyatakan ‘hamil’ sebelum pembuahan terjadi.

Karena perhitungan kehamilan dimulai pada minggu terakhir ketika Moms menstruasi, berarti umur janin nantinya adalah usia kehamilan dikurangi 2 minggu.

TUBUH CALON IBU

Minggu ini menstruasi sedang terjadi. Meskipun pembuahan belum terjadi, dinding rahim yang terdiri dari jaringan penuh darah tengah luruh, dan secara perlahan-lahan, hormon FSH (Follicle Stimulating Hormone) mulai diproduksi tubuh untuk membantu pematangan sel telur (ovum).

Pembuahan baru akan terjadi 12-14 hari lagi, yaitu ketika Moms tengah berada pada masa subur. Setelah itu, embrio baru akan tumbuh.

Pada minggu ini, perhatikan dengan baik asupan nutrisi Moms dan hindari makanan atau minuman yang berbahaya (rokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang).

Baca Juga: Kebiasaan Makan Yang Harus di Hindari Ibu Hamil

Selain itu, menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio. Sumber asam folat dapat berasal dari hati, telur, brokoli, kacang, jeruk, bayam, dan sereal.

TIPS: HINDARI OBAT-OBATAN

Jika Moms mengonsumsi obat-obatan rutin, seperti obat diabetes atau hipertensi, konsultasikan dengan dokter kandungan.

Ada beberapa jenis obat-obatan yang bisa membahayakan janin. Perlu diingat bahwa minggu-minggu pertama merupakan tahapan penting perkembangan organ vital janin.

Nantikan Kelanjutan Tahap Perkembangan Janin di Minggu kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *